7 kompetensi dalam manajemen



7 Kompetensi Dalam Manajemen



1. Managing self

  • mengatur diri sendiri sangat penting untuk merencanakan apa yang harus dilakukan oleh diri sendiri, tentuny untuk kebaikan dan kemanfaatan yang diperoleh. Mengatur diri sendiri lebih penting dibandingkan dengan mengatur orang lain, bila diri sendiri tidak tahu apa yang harus diatur baagaimana mengatur orang lain, maka tentunya akan sangat sulit. Oleh karena itu mengatur diri sendiri jauh lebih penting.

a.       Ada 4 proses pengaturan (managing self)
  • (strang and weekness), mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Apa yang menjadi kelebihan diri sendiri dan kekurangan diri sendiri, hal ini penting untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan, kecerdasan dan juga tingkat IQ seseorang. Sehingga apa yang menjadi kelemahan diri sendiri dapat ditingkatkan lebih jauh.
  • (set source personal and professional goal), kejar tujuan pribadi dan tujuan professional. Dalam hal ini tujuan pribadi misalnya dalam teori maslow kebutuhan – kebutuhan personal terpenuhi seperti makan, kebutuhan akan rumah, kebutuhan akan aktualisasi diri. Tujuan professional berkaitan dengan pekerjaan(carir) sehingga ada saling mendukung antara kebutuhan personal dan tujuan professional.
  • (balance work & personal life), keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dalam hal ini perlunya keseimbagan aantara pekerjaan dan kehidupan pribadi karena bila seseorang hanya memikirkan pekerjaan maka kehidupan pribadinya akan sangat kacau, misalnya soal mencari pasangan hidupnya. Jadi keseimbangan ini sangan diperlukan
  • (enggage in new learning), terlobat dalam pembelajaran terus menerus dikarenakan supaya manuasia tersebut berkembang menjadi lebih baik.
2.      Managing Communications

  • Ialah cara berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana agar suatu pesan yang disamoaikan diterima dengan benar oleh si penerima pesan, ucapan, intonasi, nada sangat mempengaruhi dalam berkomunikasi dengan orang lain, usahakan agar orang lain tersebut menerima comunikasi yang disampaikan, yang leib penting pada saat berkomunikasi mimic wajah sangat mempengaruhi dalam berinteraksi dengan orang lain. Bahasa tubuh pun demikian, dengan bahasa tubuh akan lebih mengerti apa maksud yang di ucapkan oleh si pembuat pesan kepada penerima pesan.

3.      Managing devercity

  • Ialah adanya persamaan geder pada organisasi/ perusahaan, keunikan seseorang didalam organisasi merupakan sebuah kekuatan (strong point) untuk mengembangkan performance, jadi sesorang diberi kebebasan untuk mengembangkan diri untuk lebih maju dan mendukung suatu organisasi atau perusahaan.

4.      Managing Etnic

  • Managing etnic ini berkaitan dengan ‘benar/salah’ dalam konteks tata perilaku dalam organisasi. Beretika baik dan benar merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan karena benar dan baik akan membawa dampak yang luas disekitar organisasi, begitu juga salah, oleh karena itu tata etika dalam berorganisasi, bersosial, sangat berpengaruh kepada system yang ada.
5.      Managing cross culture

  • Adanya lintas budaya (pekerja asing) akan membuat miss communications, manajer harus mamahami betul hal ini, agar dapat mengerti budaya pekerja asing, sehingga dapat meminimalisisr terjadinya miss communications.
6.      Managing tim

  • Bekerja dalam suatu organisasi merupakan pekerjaan tim. Tim bekerja dengan bersama – sama saling membantu satu sama lain, dibandingkan dengan bekerja individu krang efektiv, karena kemungkinan terjadinya keunggulan sangat kecil dibandingkan dengan bekerja secara tim.
7.      Manajemen change

  • Ada dua macam manajer dalam organisasi :
  • Reaktif manajer bertindak setelah pertistiwa telah terjadi, jadi manajer ini hanya berevaluasi saja terhadap suatu kejadian.
  • Antisipative manajer sudah memperkirakan suatu kejadian yang bisa menimbulkan kerugian suatu perusahaan atau organisasi jadi manajer mambuat rencana agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarmu adalah Kepedulianmu

 

About

You Are Nothing but it`s yourself. jadikanlah dirimu, menjadi karya yang luarbiasa, dengan segala kemampuan, batasan yang dimiliki, karena kamu adalah kamu. hidupmu, adalah hidupmu. Kesuksesan berada diantara tubuhmu, jadikanlah sesuatu dengan Bijaksana. Kesuksesan berasal dari rasa syukur, dan kebijaksanaanmu dalam menyikapi berbagai hal. Get it.....!